Festival Gamelan 'Jaga Rasa Kanggo Bangsa', Upaya PDIP DIY Nguri-uri Budaya Jawa


YOGYA - DPD PDI Perjuangan DI Yogyakarta melalui Badan Kebudayaan Nasional (BKN), bakal melangsungkan agenda Festival Gamelan mulai 23 Januari hingga 22 Mei 2022.Kegiatan tersebut, sekaligus menjadi bagian dari peringatan HUT ke-49 partai berlogo banteng itu. 

Sekretaris DPD PDIP DIY, Totok Hedi Santosa mengatakan, festival bertajuk 'Jaga Rasa Kanggo Bangsa' dilaksanakan secara hybrid dari Rumah Budaya, kantor DPD PDIP DIY. Kemudian pertunjukan daring bisa disaksikan netizen, melalui kanal Youtube Media PDI Perjuangan DIY. 

'Jaga Rasa Kanggo Bangsa' sendiri diartikan sebagai upaya berkesenian, berkebudayaan, serta bernegara, dengan tidak hanya mengagungkan rasio, tetapi juga menggunakan rasa, untuk mewujudkan keharmonisan dalam berelasi dengan sesama umat manusia, alam, maupun Tuhan YME. 

"Nanti ada 20 kelompok karawitan dari empat kabupaten, dan kota. Lalu, sebagai bentuk keterlibatan PDI Perjuangan dalam proses belajar, kelompok karawitan dari SMKI Yogya juga ikut ambil bagian," urainya, Jumat (21/1/2022). Para penyaji dalam festival gamelan ini, akan menampilkan karya klasik, dolanan serta aransemen dan komposisi baru.Karena itu, tidak sebatas karawitan, festival gamelan juga menyuguhkan penampilan lebih kontemporer, dengan  orkestra dari mahasiswa, serta alumni ISI Yogya. 

"Memang, generasi muda sekarang itu banyak yang tidak tertarik dalam aktivitas gamelan. Justru hal tersebut yang menarik perhatian kami ya, dengan secara berkelanjutan menggelar festival agar mereka tertarik melakukannya. Kalau tak kenal maka tak sayang," imbuh Totok. Terlebih, UNESCO dalam sidang komite pada 1, sampai 5 Desember 2019 di Paris, telah mengakui, dan menetapkan gamelan sebagai warisan budaya tak benda asal Indonesia.Sehingga, menjadi harga mati bagi PDI Perjuangan untuk senantiasa nguri-uri kebudayaan bernilai luhur itu. "Nah, itu kan sesuatu yang pantas kita syukuri dan sangat membanggakan. Ya, seperti kita bangga pada pengakuan UNESCO pada warisan budaya lain, seperti wayang kulit, batik, keris, noken, tiga genre tari Bali, pinisi, angklung, pencak silat, atau tari saman," terangnya. (aka)


Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Festival Gamelan 'Jaga Rasa Kanggo Bangsa', Upaya PDIP DIY Nguri-uri Budaya Jawa , https://jogja.tribunnews.com/2022/01/21/festival-gamelan-jaga-rasa-kanggo-bangsa-upaya-pdip-diy-nguri-uri-budaya-jawa.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah

HUBUNGI KAMI

ALAMAT :

JL.TENTARA RAKYAT MATARAM 47,
BADRAN YOGYAKARTA

Email :

badiklatda.diy@gmail.com